Cara Kerja Antena TV dan Parameter Kinerjanya

Antena memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah rangkaian atau perangkat elektronik yang berhubungan dengan gelombang elektromagnetik ataupun perangkat radio. Perangkat-perangkat elektronik yang membutuhkan antena adalah televisi, radio, radar, GPS, ponsel, bleutooth serta wi-fi. Antena akan sangat dibutuhkan, baik itu untuk memancarkan sinyal televisi maupun menerimanya. Cara kerja antena TV tidak akan jauh berbeda dari cara kerja antena pada perangkat-perangkat lainnya.

Antena memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah rangkaian atau perangkat elektron Cara Kerja Antena TV dan Parameter Kinerjanya
Baca juga : Bisnis Pin Konveksi

Prinsip dan Cara Kerja Antena

Prinsip dasar dari kerja sebuah antena adalah merubah sinyal listrik ke bentuk gelombang elektromagnetik untuk kemudian memancarkannya. Antena juga bisa bekerja sebaliknya, yaitu menerima gelombang elektromagnetik untuk kemudian dirubah kembali menjadi sinyal-sinyal listrik. Berdasarkan prinsip kerja antena, kita bisa menggolongkannya menjadi transduser, karena alat ini mampu mengubah energi dari suatu bentuk menjadi bentuk energi yang lain. 

Antena tersusun oleh elemen-elemen yang terbuat dari logam. Elemen ini akan dihubungkan pada saluran transmisi yang ada pada pemancar atau penerima gelombang yang dikirimkan. Seperti pada cara kerja antena TV UHF, dimana hasil rekaman kamera akan dirubah menjadi sinyal-sinyal listrik. Kemudian sinyal tersebut diperkuat dan dialirkan melalui kabel hingga tiba di antena. Sinyal listrik yang bergerak secara bolak-balik akan mampu menghasilkan radiasi elektromagnetik yang berupa gelombang. Kemudian gelombang elektromagnetik tersebut akan dipancarkan ke ruangan bebas.

Jika seseorang menghidupkan televisi pada frekuensi yang sesuai, gelombang elektromagnetik yang telah dikirimkan akan bisa ditangkap oleh antena penerima. Gelombang tersebut akan menciptakan gerakan bolak-balik yang dapat menghasilkan energi atau sinyal listrik. Jika sinyal ini diteruskan ke bagian penerima, maka program TV akan bisa ditonton. Untuk membuat tayangan TV lebih jernih, biasanya kita menambahkan booster yang mampu memperkuat sinyal listrik yang diperoleh. Cara kerja antena TV seperti ini tidak jauh berbeda dengan cara kerja dari antena radio ataupun perangkat lainnya. 

Parameter Kinerja Antena TV

Masing-masing antena memiliki parameter kinerja yang bisa dijadikan ukuran dari kualitas antena tersebut. Parameter yang pertama adalah pola radiasi. Parameter ini berhubungan dengan kekuatan dari gelombang yang dipancarkan maupun kualitas penerimaan sinyal oleh antena. Parameter yang kedua adalah keterarahan. Untuk mengukur keterarahan dari sebuah antena, harus dibandingkan dayanya pada suatu titik tertentu dengan pemancaran radiasi pada semua arah lainnya. 

Parameter berikutnya adalah gain. Parameter ini berhubungan dengan kemampuan untuk mengarahkan sinyal dan efisiensi dari sebuah antena. Parameter terakhir adalah polarisasi. Orientasi gelombang radio serta efisensi maksimum dari transmisi sinyal dapat diketahui melalui parameter ini. Parameter-parameter antena yang sangat berhubungan erat dengan cara kerja antena TV, dapat menjadi patokan untuk memilih antena yang akan dibeli ataupun dibuat. Sehingga kita bisa mendapatkan antena dengan kualitas dan efisiensi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.
LihatTutupKomentar