Keunggulan dan Cara Kerja Jet Pumps

Air merupakan kebutuhan primer dalam kehidupan. Karena itu manusia berusaha untuk bisa memenuhi kebutuhannya akan air bersih. Saat ini telah diciptakan berbagai alat yang bisa digunakan oleh masing-masing rumah tangga untuk bisa memperoleh air dari dalam tanah. Sehingga kita tidak perlu lagi menggali sumur dan menimba airnya. Alat-alat tersebut ada yang berupa pompa jenis semi jet pumps, serta jet pumps. Banyak orang yang memilih menggunakan jet pumps berkat berbagai keunggulan dan cara kerja jet pumps yang dinilai lebih menguntungkan. 

Air merupakan kebutuhan primer dalam kehidupan Keunggulan dan Cara Kerja Jet Pumps
Baca juga : Kamera Obscura

Keuntungan Menggunakan Jet Pumps

Jika dibandingkan dengan pompa jenis semi jet pumps, ada beberapa keuntungan yang bisa diberikan jet pumps. Salah satu keunggulan tersebut adalah panjang pipa serta kemampuan hisapnya yang jauh lebih dalam. Jet pumps mampu menyedot air dari kedalaman 9 hingga 20 m dibawah permukaan tanah. Hal inilah yang menjadi alasan pompa air jet pump terbaik banyak digunakan di dataran tinggi. Karena air tanah di daerah ini biasanya berada di tempat yang lebih dalam daripada daerah-daerah dataran rendah. 

Jet pumps memiliki dua saluran hisap dengan ukuran yang berbeda. Pompa ini juga dilengkapi dengan beberapa sistem tambahan yang tidak ditemukan pada pompa lainnya. Dengan adanya sistem tambahan tersebut, maka cara kerja jet pumps akan mampu menghasilkan air dalam jumlah debit yang lebih besar. Atau dengan kata lain semburan mesin jet pumps akan lebih kuat. Kekuatan ini tentu saja harus ditunjang oleh daya listrik yang lebih besar pula.

Cara Kerja Pompa Jet Pumps

Pompa jenis jet pumps banyak digunakan oleh rumah tangga, perusahaan atau sebuah lingkungan masyarakat. Alat ini terdiri dari motor dengan daya besar, baling-baling untuk menyedot air, serta alat penyemprot air bertekanan tinggi. Proses cara kerja jet pumps didasarkan pada kemampuannya untuk mengangkat atau mengambil air dari sebuah tempat yang sangat dalam, untuk kemudian dibawa ke permukaan. 

Prinsip kerja jet pumps menggunakan sistem ejector. Pada sistem ini nozzle akan mengalami perubahan tekanan akibat aliran media berupa gas ataupun cairan. Perubahan tekanan itulah yang akan mengangkat air menuju ke atas. Jet pump memiliki motor dengan dua fasa dan kapasitor yang akan menggeser fasa. Mesin pompa yang sangat sederhana ini tidak dilengkapi dengan bagian-bagian yang bergerak. 

Pompa jenis jet pumps memang mampu mengangkat air dari kedalaman hingga 20 m. Tetapi cara kerja jet pumps memiliki keterbatasan terutama jika digunakan untuk menyedot air yang kotor, berpasir, serta mengandung limbah. Air seperti ini dapat melakukan pengikisan pada bagian-bagian mekanik dengan cepat dan akan menyebabkan kerusakan pompa. Untuk mengatasinya akan lebih baik jika kita memilih jenis pompa Air Lift yang memang dibuat untuk air yang tidak bersih.
LihatTutupKomentar