Ciri-Ciri Pranata Sosial Dan Pengertiannya

Untuk membedakan pranata sosial yang satu dengan lainnya kita perlu mengenal cici-ciri dari masing-masing pranata sosial, Artikel ini akan menjelaskan wacana Ciri-ciri Pranata Sosial

Ciri Pranata Sosial

Adapun ciri-ciri pranata sosial, antara lain:

  • Memiliki Lambang-lambang sebagai Ciri Khasnya
  • Memiliki Tingkat Kekekalan Tertentu

Keberadaan suatu pranata sosial bukan hanya berlangsung dalam sekejab atau untuk sementara waktu saja, melainkan terus berlangsung hingga insan tidak lagi membutuhkan pranata tersebut.

  • Memiliki Tradisi Tertulis Maupun Tidak Tertulis

Setiap pranata sosial mengandung hukum baik tertulis maupun tidak tertulis yang wajib ditaati oleh individu yang berkaitan dengan pranata tersebut.

Misalnya dalam pranata ekonomi terdapat hukum mengenai pajak, jual- beli, kegiatan ekspor-impor, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, bila orang yang berkecimpung dalam dunia perdagangan tidak menaati hukum tersebut bisa dikenai sanksi.

  • Merupakan Suatu Sistem Pola-pola Pemikiran dan Pola Perilaku yang Terwujud Melalui Aktivitas Kemasyarakatan 

Jika kita mengamati aneka kegiatan warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan upaya pemenuhan kebutuhan mereka, kita sanggup membandingkan bahwa penampilan petani, nelayan, guru, polisi, dan aneka ragam profesi masingmasing mengatakan contoh khas.

Perbedaan tersebut bukan hanya menyangkut penampilan lahiriah, melainkan juga dalam contoh sikap yang ditunjukkan.

Pola sikap seorang militer berbeda dengan contoh sikap dokter, berbeda pula dengan contoh sikap nelayan. Masing-masing mengatakan karakteristik profesi masingmasing sekaligus mengatakan huruf forum kawasan ia beraktivitas.

  • Memiliki Satu atau Beberapa Tujuan

Pembentukan pranata sosial bertujuan untuk mengatur kegiatan insan dalam upaya memenuhi kebutuhannya. Orang memerlukan forum pendidikan untuk memenuhi kebutuhan akan penguasaan ilmu pengetahuan.

Tetapi apakah hanya untuk itu saja forum pendidikan didirikan? Apakah hanya forum pendidikan saja yang bisa memenuhi kebutuhan terhadap penguasan ilmu pengetahuan?

Lembaga pendidikan bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan akan ilmu pengetahuan, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan akan pekerjaan, sebab setiap pekerjaan memerlukan persyaratan pendidikan tertentu. Lembaga pendidikan juga mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan kesejahteraan dan sebagainya

  • Memiliki Alat-alat Perlengkapan yang Digunakan untuk Mencapai Tujuan 

Lembaga yang Bersangkutan Setiap forum mempunyai alat-alat perlengkapan sendiri-sendiri.  Alat-alat tersebut diadaptasi dengan karakteristik dan bidang tiaptiap forum yang berkhasiat untuk mencapai tujuan.

Misalnya forum pendidikan formal yang mempunyai gedung sekolah, peralatan sekolah, kurikulum, dan alat-alat kelengkapan lainnya.

Baca Juga : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Pranata Sosial
LihatTutupKomentar