Cara Membandingkan Sifat Unsur, Senyawa, Dan Campuran

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Membandingkan Sifat Unsur, Senyawa, dan Campuran, Campuran, Perbandingan Sifat Unsur, Senyawa, dan Campuran, Sifat Unsur, Sifat Senyawa, Sifat Campuran, Perbedaan sifat antara unsur, senyawa, dan campuran.

Sifat Unsur, Senyawa, dan Campuran

Pada subbab di depan kau telah mempelajari unsur dan senyawa, kini kau tentunya sudah sanggup membedakan unsur dengan senyawa

1. Campuran

Pernahkah kau menciptakan susu cair? Ketika menciptakan susu cair kau mencampurkan antara susu bubuk dengan air panas.

Setelah itu, aduk secara merata gabungan susu dengan air tersebut sehingga susu bubuk yang berwujud padat tidak terlihat lagi. Nah, susu bubuk yang telah bercampur dengan air dinamakan campuran.

Pada umumnya, suatu materi tidak terdiri atas satu jenis zat murni, tetapi merupakan gabungan beberapa zat murni. Misalnya, sirop merupakan gabungan gula (senyawa karbon, hidrogen, dan oksigen) dan air.

Akan tetapi, dapatkah kau membedakan antara senyawa dan campuran? Suatu senyawa terbentuk sebagai hasil suatu insiden kimia atau reaksi kimia, sedangkan gabungan dihasilkan dari proses perubahan yang sama sekali berbeda, ialah insiden fisika.

Jadi, gabungan sanggup didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih. Dapatkah kau menyebutkan referensi gabungan lainnya yang ada di sekitarmu?

Diskusikanlah dengan teman-temanmu untuk mencari jawabannya. Campuran dibagi menjadi dua jenis, ialah gabungan homogen dan gabungan heterogen.

2. Perbandingan Sifat Unsur, Senyawa, dan Campuran

a. Sifat Unsur

unsur sanggup digolongkan ke dalam logam atau nonlogam. Sifat unsur logam berbeda dengan sifat unsur nonlogam.

Beberapa unsur ada yang memiliki sifat logam dan sekaligus nonlogam. Unsur-unsur tersebut digolongkan sebagai unsur metaloid.

b. Sifat Senyawa

Jika unsur-unsur kimia bergabung membentuk senyawa, apakah sifat senyawa yang terbentuk akan sama dengan sifat unsur-unsur yang membentuknya? Misalnya air merupakan senyawa.

Air memiliki sifat bening, tidak berasa, dan berwujud cair. Nah, ibarat yang telah kau ketahui, air tersusun atas dua unsur hidrogen dan satu unsur oksigen.

Unsur hidrogen memiliki sifat tidak berwarna dan tidak berwujud, sedangkan unsur oksigen memiliki sifat tidak berwarna, tidak berbau, dan berwujud gas.

c. Sifat Campuran

Suatu gabungan sanggup merupakan gabungan unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, atau senyawa dengan senyawa.

Misalnya, stainless steel (baja tahan karat) terbuat dari gabungan besi, krom, dan nikel. Nah, menurutmu apakah sifat gabungan sama dengan sifat zat-zat penyusunnya?

Komposisi unsur-unsur penyusun suatu gabungan tidak tertentu, sehingga rumus kimia suatu gabungan tidak sanggup ditentukan. Pemisahan gabungan sanggup dilakukan secara fisika.
Perbedaan sifat antara unsur, senyawa, dan gabungan ditunjukkan pada Tabel 2.18 berikut.

LihatTutupKomentar