Inilah Cara Kerja Panel Surya Sederhana

Panel surya merupakan suatu alat yang didesain secara khusus sehingga dapat digunakan untuk mengubah pancaran sinar matahari menjadi energi listrik yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan. Dengan kata lain, cara kerja panel surya sederhana didapatkan dari pasokan cahaya matahari yang alami dan diubah menjadi energi listrik. Cara kerja panel listrik yang bertenaga surya ini untuk pertama kalinya di publikasikan oleh Albert Einstein pada tahun 1905. Simak lebih lanjut tentang cara kerja panel surya pada ulasan berikut.

Panel surya merupakan suatu alat yang didesain secara khusus sehingga dapat digunakan untu Inilah Cara Kerja Panel Surya Sederhana
Baca juga : Piringan Hitam

Cara kerja panel surya sederhana yang perlu Anda ketahui diantaranya sinar matahari memiliki kandungan banyak energi foton. Lalu, foton akan mengenai panel surya yang telah dibuat. Elektron yang ada pada panel surya akan berubah menjadi aktif dan dapat bergerak. Penempatan panel surya yang tepat akan memudahkan panel surya menangkap foton-foton sehingga banyak elektron yang aktif di panel surya. Elektron yang telah aktif akan bergerak ke salah satu kutub sehingga dengan cara tersebut akan muncul kutub positif dan kutub negatif. 

Aliran elektron yang terjadi akan menghasilkan arus listrik yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik sehari-hari. Hasil dari arus listrik sebenarnya dapat ditentukan oleh beberapa faktor, akan tetapi biasanya satu panel surya akan mampu menghasilkan listrik 0,5 volt. Apabila ingin mendapatkan listrik yang lebih dari angka tersebut, maka Anda harus membuat beberapa panel surya yang seri sehingga akan makin banyak rangkaian panel surya dan listrik yang dihasilkannya pun juga makin banyak.

Listrik yang dihasilkan dari panel surya sederhana tersebut biasanya dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat. Ada yang menggunakan hasil listrik dari panel surya untuk penerangan jalan, penerangan tempat-tempat wisata, penerangan rumah, dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah. Apabila Anda ingin memasang panel listrik untuk kebutuhan sehari-hari di rumah, sebaiknya diperlukan perawatan dan pemeriksaan yang berkala sehingga akan tetap awet serta dapat berfungsi dengan baik secara terus menerus.

Terdapat bagian-bagian dari panel surya diantaranya seperti lapisan-lapisan semi konduktor yang positif dan lapisan-lapisan semi konduktor yang negatif. Penyusun semi konduktor tersebut memiliki unsur tunggal ataupun gabungan dari unsur-unsur seperti fosfor, boron, dan silika. Unsur-unsur gabungan tersebut dapat mendukung cara kerja panel surya sederhana sehingga dapat menghasilkan listrik yang baik. 

Itulah cara kerja panel surya sederhana yang perlu Anda ketahui, semoga dapat bermanfaat dan juga mampu menambah wawasan Anda. Alangkah baiknya konsumsi listrik harusnya hanya digunakan saat benar-benar membutuhkan dan digunakan sebaik-baiknya. Kebutuhan listrik kian meningkat mengingat perkembangan teknologi makin pesat maka juga diperlukan suatu pembaharuan pembuatan energi listrik alternatif dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui.
LihatTutupKomentar