Mengenal Besarnya Honor Karyawan Hotel

Gaji Karyawan Hotel - Lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) ialah masa dimana Anda harus berani memutuskan satu langkah maju untuk hidup Anda. Pilihannya ada dua macam, yaitu bekerja atau melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi alias kuliah. Pemilihan kuliah ini harus sesuai dengan minat Anda alasannya ialah karir Anda akan dimulai dari sini. Sekarang ini banyak bangkit sekolah-sekolah perhotelan. Banyak juga peminat seolah tersebut. Pasti menciptakan Anda bertanya-tanya berapa bahwasanya honor karyawan hotel. Pastinya besaran honor antara satu hotel dengan hotel lainnya berbeda. Gaji karyawan hotel bintang 5 berbeda dengan hotel biasa saja. Tergantung besar kecilnya hotel dimana seseorang bekerja.

Gaji karyawan hotel yang berbintang sudah termasuk besar namun jangan bandingkan dengan honor karyawan Pertamina yang tentunya lebih dari cukup. Gaji para karyawan hotel terdiri dari beberapa bagian. Bagian pertama yaitu honor pokok. Tinggi rendahnya honor pokok karyawan hotel tergantung pada posisi jabatan dan kebijakan administrasi hotel. Berbeda dengan system penggajian perusahaan kebanyakan, honor terbesar karyawan hotel justru bab kitchen (kitchen section) yang terdiri dari chef dan antek-antek dapur. Dibawah kitchen section ada golongan sales, finance serta front office, lalau disusul oleh Food and Beverage Service, engineering dan housekeeping. Untuk besaran honor tergantung pada administrasi hotel. Ada hotel yang memperlihatkan honor pokok sesuai standar UMK atau UMR atau menyamakan honor pokok setiap level karyawan, ada pula yang dapat di nego.

Staff yang sudah berpengalaman atau bekerja usang di hotel tersebut memungkinkan mendapat honor lebih dari yang lain, yang belum berpengalaman meski levelnya sama. Ada kesamaan honor karyawan Hotel Santika dengan hotel lainnya yaitu keberadaan tunjangan. Di samping honor pokok, ada pula dukungan yang menjadi hak karyawan hotel. Jadi, honor karyawan hotel tidak hanya berasal dari satu sumber. Tunjangan karyawan hotel mencakup transport, dukungan pensiun. Sumber honor pegawai hotel lainnya yaitu pembagian service charge. Besarnya bervariasi, tergantung pada kebijakan serta administrasi hotel. Sistem segitiga sama kaki yaitu staff dengan level terendah akan mendapat prosentase service charge terbanyak dan sebaliknya. Sementara itu system segitiga terbalik, namun tampaknya belum ada hotel yang menerapkan system ini. Masa dia sebagai karyawan rendahan yang notabene honor pokok kecil, service chargenya juga kecil.

Satu hal lagi yang tak luput dari sumber honor karyawan hotel yaitu tip. Tip ini dapat dibilang keberuntungan si karyawan. Karyawan yang biasanya mendapat tip ialah bellman, porter yang biasanya mengangkut barang, F dan B department juga masih kecipratan rezeki. Terlebih lagi housekeeping sering kali mendapat tip yang mana sering kali berasal dari uang kembalian yang tidak mau dikembalikan oleh tamu kamar. Untuk resepsionis sendiri jarang mendapat tip kecuali ada tamu yang menginginkan kamar tertentu alias nyogok.

Memang tidak ada ukuran atau standar yang niscaya mengenai gaji karyawan hotel. Semua bergantung pada kebijakan dan administrasi hotel tersebut. Semakin besar hotel daerah Anda bekerja maka dipastikan honor Anda juga besar. Belum lagi ditambah dengan sumber-sumber lain ibarat tip dan dukungan kerja. Apalagi kalau Anda ialah karyawan usang kemungkinan honor beda alias lebih tinggi, dapat dipastikan.
LihatTutupKomentar