Cara Menghitung Honor Karyawan Dengan Excel

Menghitung Gaji Karyawan Dengan Excel - Bagi Anda yang sedang mencar ilmu cara memakai Microsoft Office Excel, ada baiknya Anda juga mempelajari bagaimana cara menghitung honor karyawan dengan Excel. Sebenarnya, cara menghitung honor karyawan akan menjadi sangat gampang terutama di dalam software Excel sendiri mempunyai fungsi matematika yang sanggup dimanfaatkan sebagai media mempermudah pekerjaan hitung menghitung dan mengalkulasikan data. Adapun dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung haji karyawan dengan hitungan per hari, dan disajikan dalam bentuk teladan menghitung honor karyawan dengan Excel.


 Bagi Anda yang sedang mencar ilmu cara memakai Microsoft Office Excel Cara Menghitung Gaji Karyawan Dengan Excel
Baca juga : Kisaran Gaji Pegawai Trans TV
Nah, untuk pertama kalinya Anda harus menguasai beberapa fungsi Excel terlebih dahulu. Fungsi yang akan paling banyak dipakai dalam artikel ini yaitu fungsi NETWORKDAYS. Fungsi ini memang sudah tersedia di aktivitas Excel dan dalam fungsi ini komputer secara otomatis menghitung kerja per hari dalam 5 hari per Minggunya. Tentu saja kita sanggup menambahkan hari libur nasional jikalau memang ada. Fungsi sebaiknya Anda pelajari sehabis Anda mengetahui rumus date and time yang disediakan oleh Excel. Hal ini dikarenakan menghitung honor karyawan dengan Excel juga akan bekerjasama dengan rumus tersebut.

Dalam menghitung honor karyawan dengan Excel, untuk syntax yang sanggup kita tuliskan di kolom Excel yaitu =NETWORKDAYS(start_date;end_date;Holidays). Start date sendiri yaitu tanggal mulai kerja sehabis karyawan mendapatkan honor setiap bulannya, dan end date yaitu tanggal final sebelum karyawan mendapatkan honor yang akan dibayarkan. Nah, untuk fungsi Holidays yaitu dikala Anda akan menambahkan hari libur yang tidak dihitung sebagai hari kerja. Hari tersebut haruslah diluar hari Sabtu dan Minggu sebagai default hari libur.

Seperti rumus Excel pada umumnya, dalam menghitung honor karyawan dengan Excel Anda hanya perlu menuliskan nama atau aba-aba kolom untuk setiap perhitungan yang akan Anda mulai. Sebagai contoh, dikala Anda menginginkan jumlah total honor seorang karyawan di final masa kerjanya, maka pada cell tertentu di daerah Anda ingin nomor tersebut muncul sanggup Anda tuliskan =NETWORKDAYS (D16;E16;D10). Perlu Anda ingat kembali, bahwa kolom atau cell D16 yaitu mengatakan tanggal mulai bekerja. Cell E16 yaitu tanggal final bekerja, dan cell D10 yaitu hari dimana merupakan liburan nasional.

Setelah Anda memilih wilayah fungsi NETWORKDAYS nya, ada satu hal yang perlu Anda lakukan yaitu yaitu menambahkan fungsi adikara ($). Fungsi ini ditempatkan pada cell hari libur tambahan. Apabila sebelumnya hari libur aksesori ada di cell D10, maka penambahan fungsi absolutnya menjadi $D$10. Sehingga rumusnya berkembang menjadi =NETWORKDAYS(D16;E16;$D$10). Fungsi adikara akan sangat bermanfaat apabila Anda mempunyai karyawan yang sangat banyak. Dan Anda hanya tinggal memasukkan honor karyawan per harinya, dan dikalikan hari kerja untuk mendapatkan keseluruhan total gaji. Fungsi dan rumus ini juga sanggup Anda gunakan sebagai cara menghitung honor karyawan perusahaan. Semoga artikel cara menghitung honor karyawan dengan Excel ini sanggup bermanfaat bagi Anda.
LihatTutupKomentar