Beda Pm Dan Am Dalam Pembagian Waktu

Pada kehidupan keseharian kebanyakan orang diatur dengan waktu. Waktu yakni bab penting aktifitas setiap hari sehingga hidup kita menjadi teratur. Waktu dibedakan dengan pagi, siang, sore dan malam. Untuk Indonesia lazimnya menganut format 12 jam, dengan begitu ketika kita menyebutkan waktu maka akan ditambahkan klarifikasi embel-embel setelahnya rujukan jam 4 sore , jam 3 pagi dan sebagainya. Format waktu 12 jam dalam standar internsional dibedakan menjadi AM dan PM. Lalu apa beda PM dan AM dalam waktu ini?

AM kependekan dari "ante meridiem", yang berarti "sebelum tengah hari" dalam bahasa Latin, sementara PM kependekan dari "post meridiem", yang berarti "setelah tengah hari" dalam bahasa Latin. Kebanyakan jam ketika ini memakai format 12 jam sehingga 24 jam dalam sehari dibagi menjadi dua periode 12 jam-an. Ante Meridiem atau sebelum tengah hari yaitu antara tengah malam (00:00) sampai siang (12:00). Sementara Post Meridiem yaitu sesudah tengah hari antara siang (12:00) sampai tengah malam (00:00). Ante meridiem umumnya dilambangkan sebagai AM, am, pagi atau A.M. sementara Post Meridiem biasanya disingkat dengan PM, pm, sore atau P.M.

Penggunaan embel-embel AM atau PM yakni untuk mengidentifikasi apakah jam yang dimaksud yakni di pagi hari, sore atau malam hari. Waktu dengan format 24-jam menampilkan waktu yang dimulai semenjak tengah malam. Kaprikornus jam 23.00 pada format 24-jam di tanggal 15 Februari berarti 23 jam yang telah berlalu semenjak tengah malam tanggal 15 Februari. Format waktu 24-jam juga kadang kala dikenal sebagai waktu militer. Kebanyakan jam digital memakai angka 00:00 dan 12:00 untuk memilih tengah malam dan tengah hari.

Jika Anda diminta untuk menjemput seorang teman di bandara pada tengah malam tanggal 13 April mungkin anda resah dengan pilihan akan pergi menjemput tengah malam pada awal hari tanggal 13 April atau tengah malam pada selesai tanggal 13 April? Bila mengacu pada tengah malam kadang kala sanggup membingungkan alasannya sanggup diartikan sebagai tengah malam pada awal hari atau tengah malam di selesai hari. Secara teknis, itu yakni waktu ketika transisi dari tanggal sebelumnya ke tanggal berikutnya.

Salah satu cara untuk mengatasi duduk kasus ini yakni dengan merujuk waktu dengan penulisan 00:01, 13 April atau 11:59 April 13 tergantung pada waktu yang Anda maksud. Atau memakai format 24-jam untuk merujuk kepada waktu. Misalnya, kalau teman Anda meminta Anda untuk menjemputnya pada pukul 00:00 pada tanggal 13 April, Anda harus sudah ada di bandara pada awal tanggal 13 April. Sementara kalau beliau bilang untuk menjemputnya pada jam 24:00 pada tanggal 13 April, maka Anda harus sudah berada di bandara pada selesai hari tanggal 13 April.
LihatTutupKomentar