Biaya Modif Cafe Racer - Merebaknya sepeda motor laki yang mengusung gaya retro sekarang seakan menyihir kalangan anak muda. Desain minimalis yang disuguhkan motor retro malah menegaskan aura jantan. Berbagai gaya ibarat scrambler, cafe racer dan bobber bisa mendongkrak harga. Malah untuk tipe motor tertentu banderolnya sanggup menembus angka ratusan juta Rupiah. Salah satu tren ketika ini yakni Cafe Racer. Biaya modif Cafe Racer bergotong-royong bervariasi tergantung part mana saja yang hendak dirubah.
Baca juga : Rincian Biaya Kuliah di ITB |
Merunut sejarahnya, cafe racer merupakan fatwa modifikasi motor yang muncul di negara Inggris sekitar tahun 1960. Konon ada band dimana para personilnya hobi mengendarai motor dari kafe satu ke lokasi kafe yang lain. Sehingga mereka menginginkan tipe motor cepat yang bisa tembus sampai 100 mile/jam atau kurang lebih 160 km/jam. Basic motor yang digunakan kebanyakan yakni merek Triumph, BSA dan Norton. Kerapkali dari ketiga merek tersebut dilakukan kanibal pada beberapa komponen yang dinilai bagus. Hasilnya yakni sebuah tunggangan dengan model unik namun performanya sangat buas.
Namun ketika ini, para penggemar fatwa cafe racer banyak memakai motor merek Jepang tipe lawas. Beberapa tipe motor yang cocok dimodif beraliran Cafe Racer yaitu : Honda GL 100, Honda CB250, Suzuki Thunder 250, Yamaha Scorpio 225 dan Honda CB 650. Dan sebagai ancar-ancar untuk ubahan secara lengkap, biaya modif cafe racer bisa mencapai Rp.15 juta. Berikut asumsi biaya modif Cafe Racer dengan materi motor sport Yamaha Scorpio :
- Pembuatan bodi dan pengecatan Rp.5 juta
- Sepasang velg ukuran 3.0 - 4.50 x 17 seharga Rp.1,65 juta
- Suspensi depan Rp.2,5 juta
- Monoshock Rp.750 ribu
- Handel rem Rp.165 ribu
- Cakram set belakang Rp.350 ribu
- Footstep underbone Rp.450 ribu
- Disk brake depan dua buah Rp.880 ribu
- Kaliper depan dua buah Rp.300 ribu
- Knalpot R9 Rp.1,24 juta
- Stang jepit Rp.330 ribu
- Swing arm Rp.390 ribu
Sehingga total semua part yang dibeli sebesar Rp.14 jutaan. Untuk proses pengerjaan sepenuhnya diserahkan ke bengkel custom yang memang sudah berpengalaman untuk itu. Untuk pembelian part dan aksesoris pun sebaiknya diserahkan ke pihak bengkel sehingga tak akan terjadi salah beli. Pada proses pengerjaan, komponen-komponen asli motor materi biasanya tidak ada yang digunakan selain mesin dan sasis. Karena dari bodi, tangki ataupun kaki-kaki semuanya dimodif untuk membuat model yang sesuai gaya Cafe Racer.