Cara Memperbaiki NISN Salah Tahun Pada VerVal PD Dapodik

Cara Memperbaiki NISN Salah Tahun Pada VerVal PD Dapodik | Tips ini sama dengan cara memperbaiki data peserta ujian nasional yang sudah saya share beberapa waktu lalu. Namun saya merasa pada bahasa tersebut belum lengkap dan terkesan khusus untuk perbaikan siswa  calon peserta ujian nasional saja. Padahal cara tersebut juga merupakan cara memperbaiki data secara keseluruhan pada dapodik. 

Meskipun pada beberapa versi aplikasi dapodik, operator sekolah bisa mengedit atau merubah data siswa atau peserta didi, tapi hanya pada bagian nama, tanggal lahir, tempat lahir dan data pribadi lainnya, sedangkan data NISN tidak bisa dirubah melalui aplikasi dapodik. Nah bagaimana jika ternyata ada siswa yang NISN nya tidak valid.

Ciri-ciri NISN valid adalah tiga angka pertama sama degan tahun lahir anak tersebut. Hal ini karena nomor tersebut diambil dari tahun lahir siswa bersangkutan. Nah, masalahnya terkadang saat melakukan sinkronisasi dapodik, siswa tersebut tahun lahirnya keliru dan ketahuan setelah mendapatkan NISN. Bagaimana solusinya?

Cara memperbaiki NISN yang tidak valid hanya bisa dilakukan melalui VerVal PD. Oke, sekarang bagi anda para operator sekolah yang memiliki data siswa dengan NISN salah, mari kita perbaiki. Sebelum melangkah ke cara perbaikan, siapkan dulu data dukung berupa Akte Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir yang sudah discan. Kalau sudah silakan  klik disi. Silakan login seperti biasa pada VerVal PD.

1.   Pilih menu Edit Data (Permohanan Perubahan), tekan tombol Perubahan NISN.
2.   Pilih siswa yang akan di ubah NISN nya.
3.   Masukkan NISN siswa yang diinginkan.
4. Tekan tombol cek NISN (Memastikan NISN bukan milik siswa lain), jika sudah digunakan siswa lain input lagi nomor yang benar-benar unik sehingga tidak atau belum digunakan siswa lain.
5.  Jika NISN bukan milik siswa lain, lanjutkan dengan menekan tombol lampirkan dokumen pendukung (Kartu NISN, Daftar Laporan Program BOS, BSM, SKHUN, SKHUS).
6.   Tunggu konfirmasi persetujuan permohonan perubahan maksimal 2 x 24 jam.
7. Tekan Status Permohonan perubahan untuk mengetahui informasi persetujuan dari PDSP.
Di sini kita bisa melihat status pengajuan perubahan data yang sudah disertai keterangannya jika diterma atau tidak diterima.

Nah demikian cara memperbaiki NISN salah tahun pada VerVal PD Dapodik, artikel sederhana ini saya share semata-mata atas semangat berbagi untuk saling bekerjasama dengan para operator di seluruh Indonesia.
LihatTutupKomentar