Lumut Sebagai Tumbuhan Pionir Atau Perintis

Hallo Agan…Pernahkan Agan melihat tumbuhan yang tumbuh di tembok-tembok yang telah rusak? Biasanya pada tembok tersebut berwarna hijau , yap itulah yang namanya lumut. Lumut biasanya tumbuh di tempat-tempat lembab dan basah contohnya got, kerikil kali, kamar mandi dan tempat lainnya.
Lumut merupakan kelompok tumbuhan yang masih sederhana, lumut belum mempunyai akar, batang, dan daun yang sejati. Secara umum lumut dikelompokkan menjadi tiga, yaitu lumut hati, lumut tanduk, dan lumut daun.

Pernahkan Agan melihat tumbuhan yang tumbuh di tembok Lumut Sebagai Tumbuhan Pionir atau Perintis
tumbuhan lumut

Meskipun tumbuhan lumut memperlukan kondisi yang lembab untuk tumbuh dan bereproduksi, banyak jenis lumut yang sanggup bertahan dalam kondisi yang kering dalam kurun waktu yang cukup lama. Mereka sanggup tumbuh pada tanah yang tipis dan pada tanah di tempat tumbuhan lain tidak sanggup tumbuh. Spora dari lumut akan dibawa oleh angin. Spora akan tumbuh menjadi tumbuhan gres kalau ada air dan beberapa komponen pendukung lain.


Sering kali lumut merupakan tumbuhan yang pertama kali tumbuh pada lingkungan yang sudah rusak contohnya jawaban fatwa lava atau jawaban kebakaran hutan. Oleh alasannya ialah itu, lumut juga disebut organisme pioner atau tumbuhan perintis. 

Sebagai tumbuhan pioner, lumut akan tumbuh dan mati membentuk nutrisi tanah. Proses ini bersamaan dengan pelapukan bebatuan jawaban panas, angin (pelapukan fisika) dan zat kimia lain ibarat zat asam atau oksigen (pelapukan kimia) yang kesannya membentuk tanah, sehingga pada kesannya tumbuhan lain sanggup tumbuh pada tempat tersebut.

Tahukah kau bahwa beberapa lumut juga sanggup membantu menyimpan nitrogen dalam tanah dan menyimpan air. Beberapa juga sanggup dipakai sebagai obat hepatitis, ibarat kelompok lumut hati Marchantia polymorpha. Beberapa kelompok dari lumut daun ibarat Sphagnum yang sudah lapuk sanggup dipakai sebagai materi bakar ibarat kerikil bara.

Demikian postingan aku wacana LUmut sebagai tumbuhan pioner, jangan remehkan yang namnya lumut gan, alasannya ialah lumut merupakan tumbuhan yang sangat penting bagi lingkungan.
LihatTutupKomentar