Mengenal Efek Negatif Perdagangan Internasional

Mengenal Dampak Negatif Perdagangan Internasional| Perdagangan Internasional mempunyai efek negatif. Dampak negatif perdagangan internasional ini dilihat dari kekurangan-kekurangan perdagangan internasional. Banyak efek positif dari adanya perdagangan internasional, tetapi di sisi lain terdapat juga beberapa efek negatif akhir adanya perdagangan internasional. Sebelumnya telah dibahas dampak positif perdagangan internasional karna niscaya teman-teman juga mencari efek positif dari perdagangan internasional karna kalau ada positif niscaya ada negatif karna tidak ada yang sempurna. Tak usah panjang lebar pribadi saja kita mengenal efek negatif perdagangan internasional yang ada dibawah ini...
.
Mengenal Dampak Negatif Perdagangan Internasional

1. Timbulnya Rasa Ketergantungan dengan Negara-Negara lain
Dampak perdagangan internasional ternyata sanggup menimbulkan adanya ketergantungan yang tinggi terhadap produk-produk yang di luar negeri, yang karenanya menimbulkan ketergantungan pada negeri lain, lebih-lebih bila suatu produk tidak sanggup dibentuk di dalam negeri. 

2. Timbulnya Penjajahan Ekonomi oleh Negara lain
Hubungan perdagangan internasional juga bisa dijadikan sebagai alat untuk mengatur dan menekan negara tertentu. Sehingga sanggup terjadi sebab ketergantungan di bidang ekonomi kadangkala melebar ke bidang lain menyerupai politik, sosial, hankam, dan masih banyak lagi.

3. Perdagangan Internasional dalam Pelaksanaannya Mengarah pada Perdagangan Bebas
Pada perdagangan bebas justru yang lebih banyak menikmati laba ialah negara-negara maju, begitupula negara berkembang malah sering mengalami kerugian.

4. Timbulnya Eksploitasi Sumber Daya Alam dan Manusia
Perdagangan internasional ternyata sanggup menimbulkan adanya eksploitasi terhadap sumber daya alam dan sumber daya insan secara habis-habisan. Akibatnya pada jangka panjang negara itu bisa miskin dengan kekayaan alam tersebut sehingga pada akhirnya negara tersebut tidak lagi mengekspor tetapi malah mengimpor dari negara lain. Contohnya bahwa dulu Indonesia populer sebagai produsen minyak, tetapi sekarang net import kita telah negatif, artinya negara kita telah menjadi negara yang ekspor minyaknya lebih kecil dari impor minyaknya.

5. Timbul Persaingan dan Perpecahan Antarnegara
Dampak yang timbul akhir adanya perdagangan internasional, sering muncul perebutan negara tujuan ekspor oleh beberapa negara pemasok. Misalnya negara Amerika Serikat memerlukan tekstil sebab tidak bisa mencukupi semua kebutuhannya sendiri, maka masuk akal bila Indonesia dan India yang sama-sama bisa menghasilkan tekstil berebut untuk menguasai pasar di negara Amerika Serikat. Sehingga mengalami Akibatnya yakni  terjadi persaingan dan perpecahan antara negara-negara yang berebut pasar ekspor.

Mengenal Dampak Negatif Perdagangan Internasional Mengenal Dampak Negatif Perdagangan Internasional
Sekian artikel tentang Mengenal Dampak Negatif Perdagangan Internasional. Semoga teman-teman menerimanya dan sanggup bermanfaat untuk kita semua. Amin......
LihatTutupKomentar