Kunci Tanggapan Dan Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2

Setelah kau selesai mengerjakan soal Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas IPA kelas 11 semester 2, ada baiknya kau menyelidiki hasil pekerjaanmu disini. Kami telah menyediakan kunci jawaban lengkap beserta cara kami menuntaskan soal. Jika ada kesalahpahaman atau yang kurang dimengerti, silakan tanya di kolom komentar dibawah.



1. Perhatikan paragraf kedua! Tokoh “aku” menyampaikan bahwa ketika ini ia sedang memandang langit pagi awal 2008 yang tidak terlalu cerah. (Jawaban: E)
2. Pilihan C lebih mendeskripsikan kondisi tempat tersebut dan menggambarkan bahwa tokoh “aku” sedang berada di sebuah tempat yang mempunyai jalan menurun, curam, berbatu-batu besar, dan di sisi kiri-kanannya terdapat banyak dahan berduri. Sedangkan pada pilihan lain tidak menggambarkan dengan terang latar tempat. (Jawaban: C)
3. Narator yaitu orang yang bertugas untuk menceritakan kepada penonton mengenai isi dongeng dalam sebuah drama. Antagonis yaitu tokoh yang bertentangan dengan protagonis. Protagonis yaitu tokoh utama dalam sebuah drama. Tritagonis yaitu kiprah pendamping. Sutradara yaitu orang yang mengarahkan sebuah film. (Jawaban: C)
4. Ringkasan haruslah sanggup menawarkan suatu informasi dalam sebuah produk dengan ringkas namun menyeluruh sehingga kita sanggup mengetahui isi produk tersebut secara keseluruhan. (Jawaban: A)
5. Kelakuan Datuk Maringgih sesuai kutipan dongeng tersebut sanggup disebut licik alasannya yaitu menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan orang yang tidak disukainya. Dia tidak cocok disebut tamak dan suka uang alasannya yaitu ia tidak merampas kekayaan Baginda Sulaiman. (Jawaban: A)
6. Penyusun editorial yaitu staf redaksi. Wartawan lepas hanya bertugas untuk memberikan isu di suatu tempat. Sastrawan yaitu penulis buku bukan penulis berita. Pengamat politik yaitu tokoh yang seringkali dijadikan narasumber. Sedangkan kolumnis yaitu penulis suatu kolom pada surat kabar. (Jawaban: C)
7. Biografi terkenal yaitu biografi yang menekankan penggambaran riwayat hidup seseorang secara jelas. Sedangkan bibilografi sama artinya dengan daftar pustaka. (Jawaban: B)
8. Isi pokok paragraf merupakan hal utama yang dibahas di paragraf tersebut. Bacaan tersebut menerangkan bahwa isi pokoknya yaitu perihal penggunaan bahasa di televisi yang memengaruhi penggunaan bahasa masyarakat melalui banyak sekali tayangan. (Jawaban: B)
9. Perhatikan kalimat terakhir! Dalam kalimat tersebut terdapat alasan dilakukan penelitian. Kalimat semacam itu biasa terdapat di latar belakang. (Jawaban: A)
10. Kutipan diskusi tersebut membahas dampak positif dan negatif yang ditimbulkan jawaban pembangunan. Penyaji menyampaikan bahwa pembangunan sanggup menjadikan dampak negatif. Sedangkan penanya tidak hanya melihat dari sisi negatif, melainkan juga melihat dari sisi positif. (Jawaban: A)
11. Kutipan makalah tersebut merupakan bab kesimpulan. Makalah tersebut membahas tetang efek penggunaan materi organik dalam budi daya jagung manis. (Jawaban: E)
12. Isi pokok kutipan makalah tersebut yaitu penggunaan materi organik dalam budi daya jagung manis. Syarat budi daya jagung manis dengan pertanian organik dan pengenalan tanaman organik tidak dibahas di kutipan makalah. Sedangkan sisanya dibahas namun tidak mengungkapkan isi kutipan makalah secara keseluruhan. (Jawaban: C)
13. Pilihan A salah alasannya yaitu seharusnya umur produksinya lebih singkat. Pilihan B benar (lihat kalimat 4). Pilihan C salah alasannya yaitu seharusnya jagung manis yang lebih banyak mengandung vitamin. Pilihan D dan E salah alasannya yaitu seharusnya memakai materi organik. (Jawaban: B)
14. Teks tersebut membahas bermacam-macam cara untuk menurunkan berat badan. (Jawaban: A)
15. Gagasan utama yaitu pikiran utama yang terdapat dalam bacaan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Kalimat utama sanggup berada di depan paragraf (deduktif), di belakang paragraf (induktif), dan keduanya (campuran). Dari paragraf tersebut, sanggup dilihat bahwa gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama. (Jawaban: A)
16. Tanggapan haruslah diucapkan dengan santun walaupun isinya menolak pendapat penyaji. (Jawaban: D)
17. Notulen rapat yaitu catatan mengenai perjalanan aktivitas rapat. Hal yang tidak termuat dalam notulen rapat yaitu biaya pelaksanaan. (Jawaban: D)
18. Pada kutipan cerpen tidak ada yang menyebut “jalan depan rumah”. Sedangkan ruang tengah sanggup juga disebut ruang tamu. (Jawaban: E)
19. Salah satu tahap alur yaitu pengenalan masalah. Alur ini mempunyai ciri terdapat perkenalan tokoh, watak, beserta permasalahannya. Alur ini biasa terdapat di awal cerpen. Berdasarkan ciri tadi, maka kutipan dalam cerpen tersebut merupakan alur pada tahap pengenalan masalah. (Jawaban: A)
20. Kutipan cerpen tersebut menceritakan hal yang terjadi di masa kemudian pada paragraf awal dan masa sekarang pada paragraf akhir. Alur semacam ini disebut alur campuran. (Jawaban: E)
21. Informasi penting yaitu informasi yang dibahas dalam sebuah paragraf. Sifat informasi yaitu memberitahu. Dalam paragraf tersebut yang paling dibahas yaitu anak yang terlalu sering menonton televisi berisiko menderita obesitat beserta beberapa alasan ilmiahnya. (Jawaban: B)
22. Paragraf soal yaitu paragraf yang mempertanyakan suatu masalah. Dalam makalah, paragraf soal biasa terdapat di rumusan masalah. (Jawaban: D)
23. Lihat kalimat terakhir! Disana terdapat kata “memang” yang berarti penerima diskusi oke dengan pernyataan moderator. (Jawaban: A)
24. Jawaban yang sempurna yaitu jawaban yang meliputi keseluruhan isi pernyataan penerima diskusi. Sehingga inti informasi yang sempurna yaitu masyarakat pinggir sungai suka membuang sampah di sungai. (Jawaban: B)
25. Untuk menjawab soal ini, kau harus membaca keseluruhan isi diskusi dan memperhatikan apa yang dibahas disana. Jawaban yang sempurna yaitu jawaban yang menawarkan citra menyeluruh sesuai apa yang kau ketahui dari kutipan diskusi tersebut. Sehingga jawaban yang sempurna yaitu kelebihan dan kendala menerapkan pertanian organik. (Jawaban: B)
26. Cara menjawab soal semacam ini yaitu mencocokan jawaban satu persatu dengan isi kutipan diskusi. Sebaiknya kau sudah membaca isi kutipan diskusinya. Pernyataan yang sempurna sesuai dengan isi kutipan diskusi terdapat dalam kalimat “pertanian organik sangat ramah lingkungan dan hasil panennya bebas dari residu”. (Jawaban: C)
27. Kalimat simpulan berisi solusi atas sebuah duduk kasus yang didiskusikan dan tentu saja sesuai dengan isi kutipan diskusi. Jadi, kalimat simpulan yang sempurna yaitu “petani harus diberi pemahaman terhadap pertanian organik alasannya yaitu pertanian organik bebas residu dan ramah lingkungan”. (Jawaban: A)
28. Ketika kau menjawab soal ini, jangan hingga kau memakai opini kau sendiri meskipun itu memang benar. Sesuai dengan soal, tanggapan haruslah SESUAI dengan isi diskusi. Sehingga jawaban yang benar yaitu “menurut saya, pertanian organik sangat elok alasannya yaitu sanggup melestarikan alam dan kondusif bagi kesehatan alasannya yaitu bebas residu”. (Jawaban: D)
29. Pastikan kau sudah memahami isi obrolan tersebut. Cocokan juga pilihan jawaban yang ada dengan isi obrolan alasannya yaitu ada beberapa pilihan yang tidak sesuai menyerupai B, C, dan E. Pilihan D memang sesuai, namun tidak menjadi bahasan pokok dalam diskusi tersebut. Sehingga pilihan A yang paling tepat. (Jawaban: A)
30. Pilihan A, B, D, dan E tidak sesuai walaupun secara logika memang benar. Berdasarkan diskusi tersebut, memang benar bahwa pemikiran dana pemerintah bagi pendidikan di kawasan pedalaman tidak jelas. (Jawaban: C)
31. Soal ini memakai logika kau untuk menjawabnya. Perhatikan dengan s3ksama tema yang diberikan dan pilihan jawaban yang ada. Perhatikan mana rumusan duduk kasus yang berdasarkan kau paling penting untuk dibahas. Sehingga kau akan menemukan bahwa “bagaimana penanganan duduk kasus kebersihan di kota?” yaitu rumusan duduk kasus yang paling tepat. (Jawaban: C)
32. Sebelum menjawab soal, ada baiknya kau menyimak paragraf tersebut dengan s3ksama. Jawaban harus bersifat umum bagi paragraf, sehingga jawaban A, D, dan E diabaikan. “Manusia” dan “masyarakat” mempunyai makna yang berbeda. “Manusia” mempunyai pengertian lebih umum dibandingkan “masyarakat”, sedangkan dalam paragraf juga menyebut “industri”. Sehingga isi paragraf tersebut yaitu pentingnya hutan bagi kehidupan manusia. (Jawaban: B)
33. Pernyataan, baik itu berupa persetujuan maupun penolakan, haruslah disampaikan dengan bahasa yang sopan dan santun. Pilihan A, B, C, dan E masih kurang sopan. Sehingga pernyataan yang sempurna yaitu “saudara penyaji, saya sangat mendukung tema diskusi yang akan saudara sampaikan.” (Jawaban: D)
34. Tokoh, tema, amanat, dan alur merupakan unsur intrinsik dari sebuah karya sastra. Sedangkan biografi penulis merupakan unsur ekstrinsik karya sastra. (Jawaban: B)
35. Pilihan A, B, C, dan D tidak dibahas dalam kutipan tersebut. (Jawaban: E)
36. Untuk menjawab soal ini, kau harus mengamatinya dengan sangat cermat. Karena ada beberapa jawaban yang tampak benar, namun sebetulnya salah hanya alasannya yaitu ada satu kata yang tidak tepat. Pilihan A salah alasannya yaitu yang benar yaitu berlatar belakang santri dan masyarakat awam. Pilihan B salah alasannya yaitu tidak ada tema kesetiaan. Pilihan C salah alasannya yaitu tidak membahas perihal pribadi seseorang melainkan sopan santun terhadap diri sendiri. Pilihan D salah alasannya yaitu yang sebetulnya yaitu sopan santun kepada Tuhan. Pilihan E benar. (Jawaban: E)
37. Paragraf tersebut yaitu paragraf deduktif yang berarti gagasan utamanya berada di awal paragraf. Kami mohon maaf, sebetulnya kutipan tersebut terdiri dari dua paragraf. Gagasan utamanya adalah “Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen.” (Bonus)
38. Presentasi haruslah disampaikan dengan singkat, jelas, dan menarik sehingga tidak menciptakan para pendegar bosan. Topik utama dalam kutipan hasil penelitian tersebut yaitu cerpen sebagai media pendidikan sopan santun dan pembahasan perihal kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri. (Jawaban: C)
39. Gagasan utama pada tajuk rencana tersebut berada di awal paragraf (deduktif) dan juga membahas televisi, gaya hidup, dan anak. Sehingga gagasan utama yang sempurna yaitu tayangan televisi memengaruhi gaya hidup anak. (Jawaban: D)
40. Cara tercepat untuk menjawab soal menyerupai ini yaitu dengan mencocokan jawaban dengan kenyataan yang ada di bacaan. Pilihan B, C, D, dan E kurang sesuai. (Jawaban: A)
41. Sikap positif haruslah memotivasi, menginspirasi, dan menawarkan dampak positif bagi banyak orang. Sehingga jawaban A, B, dan C sanggup diabaikan. Jawaban juga harus sesuai dengan isi kutipan sehingga jawaban D sanggup diabaikan. (Jawaban: E)
42. Perilaku yang sanggup diteladani haruslah yang positif menyerupai mendapat penghargaan, kesuksesan, dan semangat pantang menyerah. Jawaban juga harus sesuai dengan isi kutipan. (Jawaban: A)
43. Latar tempat yang sempurna haruslah yang terjadi ketika ini dalam dongeng dan harus lebih spesifik. Sehingga pada kutipan hikayat, latar tempatnya yaitu di pagar anjungan istana (kalimat pertama). Sedangkan pada kutipan novel terjemahan, latar tempatnya berada di pondok dan lokasi pemakaman (kalimat pertama dan terakhir). (Jawaban: A)
44. Nilai yang tampak pada kutipan hikayat yaitu kesetiaan alasannya yaitu Gadis Cik Inam setia menunggu kepulangan Muda Cik Leman dan Anggung Selamat dengan selamat. Sedangkan nilai yang tampak pada kutipan novel terjemahan yaitu budaya alasannya yaitu ada tradisi makan bersama sehabis melaksanakan prosesi pemakaman. (Jawaban: E)
45. Pilihan B, D, dan E justru sebaliknya. Sedangkan pilihan C kurang sempurna alasannya yaitu yang ditanyakan yaitu kesedihan seorang anak putus sekolah bukannya kesedihan seorang ibu yang anaknya putus sekolah. (Jawaban: A)
46. Biografi ilmiah, biografi populer, dan biografi berat sangat mementingkan fakta. Sedangkan novel biografi dan cerpen biografi lebih mementingkan unsur khayalan. Namun, alasannya yaitu yang ditanyakan yaitu sebuah novel, berarti novel biografi yaitu jawaban yang paling benar. (Jawaban: B)
47. Karya ilmiah harus sesuai fakta empiris. Penggunaan imajinasi atau imajinasi tanpa alasan yang jelas sangat tidak dibenarkan. (Jawaban: E)
48. Etika dalam diskusi harus mengedepankan nilai-nilai kesopanan. Mendominasi pembicaraan sangat tidak sopan alasannya yaitu tidak memberi kesempatan bagi orang lain untuk mengutarakan pendapatnya. (Jawaban: C)
49. Penggalan drama itu menceritakan bahwa Didik ingin mengajak Hendra ke luar kota, namun ibu Hendra sakit. Hendra menyampaikan bahwa ibunya sudah sembuh jadi ia sanggup ikut, namun ia minta izin kepada ibunya terlebih dahulu. (Jawaban: B)
50. Moderator dalam diskusi yaitu orang yang memimpin, mengatur, dan memandu sebuah diskusi. Moderator juga membuka program diskusi. Moderator tidak mengatur penerima diskusi, melainkan hanya mengatur proses penyampaiannya saja. (Jawaban: E)



Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke atau pribadi saja lewat kolom komentar :)
LihatTutupKomentar