Sama-Sama Sebagai Makanan Jiwa, Ini Perbedaan Musik Tradisional Dan Musik Modern

Musik ialah makanan bagi jiwa. Musik dapat mengobati pikiran yang sedang lelah yang butuh hiburan sehat untuk membantu melepaskan stres sebab pekerjaan dan aktifitas sosial lainnya. Jika kita melihat kembali sejarah, insan suka dengan musik dan juga melodi sepanjang waktu. Orang-orang menunjukkan sentimen mereka lewat musik dalam situasi yang berbeda ibarat dalam perang, kebahagiaan, upacara pernikahan, murung dan kesedihan dan lainnya. Hal yang cukup menarik yaitu di semua wilayah di dunia ini masyarakatnya mempunyai citarasa universal untuk urusan musik ini. Singkatnya musik mempunyai relasi awet yang mendalam dengan manusia.


Ada beberapa jenis musik di dunia ini namun secara umum hanya dikategorikan menjadi dua kelompok yaitu musik tradisional dan musik modern. Apa saja perbedaan musik tradisional dan musik modern ini?

Musik tradisional :

Musik tradisional ialah musik yang lahir dan berkembang di Indonesia. Ciri utama jenis musik ini ialah pada isi lagu dan instrumen atau alat musik yang digunakan. Musik tradisional mempunyai karakteristik yang khas yaitu pada lirik dan melodi yang diadaptasi dengan bahasa dan tradisi setempat. Indonesia ialah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang membentang dari Aceh sampai Papua. Di antara banyak pulau-pulau itu dihuni oleh masyarakat yang kemudian tumbuh dan berkembang membentuk tradisi, identitas dan seni musiknya sendiri.
Hampir di setiap kawasan di Indonesia mempunyai seni musik tradisional yang unik. Keunikan tersebut dapat dilihat dari teknik bermain, pementasan dan bentuk alat musik dan jenis sumber bunyi yang dihasilkan. Hampir semua seni tradisional di Indonesia mempunyai semangat kolektif yang tinggi sebagai bentuk kekhasan  masyarakat Indonesia yang ramah dan sopan. Namun dengan berlalunya waktu dan ditinggalkannya semangat tradisional maka satu persatu makin hilang jenis musik tradisional di Indonesia. Musik tradisional Indonesia dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu musik atau instrumen perkusi, alat musik petik dan alat musik gesek.

Musik modern :

Musik digambarkan sebagai bahasa yang hidup. Ketika musik modern lahir maka juga dapat dianggap sebagai cara untuk mengekspresikan bahasa baru. Musik selalu berkembang sementara bahasa tidak. Dalam konteks musik, tata bahasa yang dipakai dalam musik modern ialah harmoni, melodi, dan irama yang melanggar semua aturan. Musik modern memakai kata-kata absurd yang menggambarkan lingkungan yang selalu berubah. Ada banyak genre musik ketika ini yang cocok dengan penggambaran musik modern. Musik New Age sering memakai bunyi alam untuk membuat melodi. Musik Hip-hop musik ialah jenis musik yang pada awal kemunculannya disalahpahami oleh masyarakat, namun sekarang mulai diterima dan banyak disukai. Genre musik jazz juga telah berubah banyak kalau dibandingkan dengan ketika pertama kali muncul. Ada juga jenis musik tekno yang merupakan gaya terbaru bermusik yang pertama kali lahir tahun 1980-an sebagai musik dansa elektronik.
LihatTutupKomentar