Perbedaan Musik Tradisional Dan Modern Atau Populer

Musik merupakan suara yang dirangkai sedemikian rupa yang bisa menghasilkan irama, intonasi dan keharmonisan utamanya suara yang keluar dari banyak sekali alat musik. Musik sendiri telah dikenal semenjak sekitar 180 ribu tahun silam berupa suara yang dihasilkan oleh alat musik dari tulang kering hewan buruan yang ditiup. Lazimnya, fungsi musik bagi insan yaitu sebagai sarana hiburan. Selain itu ada beberapa fungsi lain diantaranya menjadi media upacara ritual, sarana mengekspresikan diri, sarana berkomunikasi, mengiringi sebuah tarian dan juga sebagai sarana memperoleh laba ekonomi.


Musik di Indonesia sendiri dibagi dalam dua kelompok besar yaitu musik tradisional dan musik modern atau populer. Ada beberapa perbedaan musik tradisional dan modern khususnya yang berkembang di Indonesia. Musik tradisional sudah semenjak usang dikenal oleh masyarakat Indonesia, yang terkenal beberapa diantaranya yaitu : gamelan, sasando, angklung, gambang kromong, marawis dan keroncong. Sedangkan musik modern atau terkenal yaitu jenis musik yang digemari kebanyakan masyarakat Indonesia sebab yummy didengarkan oleh telinga. Musik modern atau terkenal biasanya berlaku juga secara internasional artinya apa yang sedang disukai masyarakat Indonesia boleh jadi disukai juga oleh kebanyakan orang di seluruh dunia.

Penjelasan musik tradisional Indonesia :

Jenis musik yang tercipta dan berkembang di sejumlah kawasan di Indonesia. Tipikal dari jenis musik ini yaitu bahan lagu dan instrumen alat musik yang digunakan. Syair  dan melodi musik tradisional menggunakan dialek dan gaya lokal. Indonesia sendiri merupakan bangsa dengan belasan ribu pulau dengan bermacam suku bangsa yang mempunyai seni tradisi sebagai identitas, kepribadian serta sarana berekspresi masyarakat setempat. Kebanyakan kawasan di tanah air mempunyai jenis musik tradisional khas. Kekhasannya sanggup diperhatikan mulai cara memainkan, penyajian sampai bentuk instrumen musik yang digunakan. Musik tradisional diwariskan bebuyutan dari satu generasi ke generasi penerusnya dengan ciri khas diantaranya yaitu : dipelajari dengan lisan, tak mempunyai partitur notasi tertentu, bersifat informal, pemainnya bukan spesialis, syair lagu berbahasa kawasan setempat dan merupakan penggalan dari budaya masyarakat.

Penjelasan musik modern :

Musik modern tak tercipta hasil tradisi masyarakat tertentu. Namun jenis musik yang satu ini diciptakan berdasarkan pakem komposisi yang terang contohnya notasi, tangga nada, tekstur, dan istrumen yang sudah diketahui bersama serta juga praktis dikuasai. Musik modern pun mempunyai ciri terbuka maksudnya komposisi dan gaya musiknya terpengaruh dari sejumlah pengalaman bermusik musisi untuk kurun waktu tertentu. Melakukan kritik komposisi musik modern yaitu hal yang lumrah ditemukan. Wajar kalau sebuah komposisi musik modern tertentu karenanya hilang atau dilupakan masyarakat untuk lalu diganti gaya musik lainnya. Musik Modern bisa diklasifikasikan berdasarkan aliran, proses penciptaan dan  sumber bunyi. Jenis-jenis musik modern antara lain : Jazz, Rhythm and Blues ( R & B ), Pop, Rock, Country dan sebagainya.
LihatTutupKomentar