Pengertian Visi Dan Misi Sekolah

Sekolah tak sebatas daerah untuk mendapat ijasah. Sekolah pun tak cuma menjadi daerah memperoleh nilai. Sebab sekolah merupakan sarana berguru para siswa. Belajar perihal apa saja mulai dari mata pelajaran, kehidupan sosial serta kehidupan. Sekolah merupakan daerah bagi para penerima didik untuk mendapat ilmu dan pengetahuan baru. Karena itu sekolah harus mempunyai visi dan misi. Layaknya sebuah perusahaan, visi dan misi sekolah sangat penting untuk mencapai tujuan sekolah.


Visi sekolah berbeda dengan misi sekolah. Visi sekolah mempunyai cakupan lebih panjang, sementara misi sekolah yakni cara yang dipakai untuk mencapai visi sekolah tersebut. Pengertian visi dan misi sekolah bisa disimak dari uraian singkat berikut ini :

Visi Sekolah :

Adalah harapan atau impian yang hendak diwujudkan oleh seluruh warga sekolah. Visi sekolah berfungsi sebagai harapan bersama seluruh warga sekolah sekaligus seluruh pihak terkait di masa mendatang. Visi sekolah yang baik akan bisa menginspirasi, memotivasi sekaligus menawarkan kekuatan bagi seluruh unsur sekolah dan stake holder. Visi sekolah dibentuk mengacu pada masukan seluruh komponen sekolah yang sejalan dengan visi forum yang menaungi sampai tingkat pusat. Visi sekolah ditetapkan berdasar hasil rapat dewan pendidik yang di bawah pimpinan kepala sekolah yang mempertimbangkan masukan dari komite sekolah. Visi sekolah selanjutnya dijelaskan ke seluruh warga sekolah maupun stake holder. Sebuah visi sekolah bisa ditinjau ulang secara periodik dengan melihat perkembangan yang terjadi.

Misi Sekolah :
Adalah perjuangan yang dijalankan seluruh unsur sekolah demi merealisasikan visi sekolah yang sudah dibuat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dikala menyusun misi sekolah yaitu :

- Mampu menawarkan arah terperinci untuk mencapai visi sekolah berdasarkan tujuan pendidikan nasional.
- Menjadi tujuan yang hendak diwujudkan untuk jangka waktu tertentu.
- Sebagai dasar kegiatan pokok sekolah.
- Menitik beratkan ke mutu layanan penerima didik dan lulusan.
- Berisikan pernyataan umum dan khusus yang berafiliasi dengan kegiatan sekolah.
- Menawarkan fleksibilitas dan ruang gerak cukup bagi peningkatan perjuangan satuan-satuan unit sekolah yang terkait.
- Dibuat berlandaskan masukan dari semua pihak tak terkecuali komite sekolah lalu ditetapkan dengan rapat dewan pendidik di bawah pimpinan kepala sekolah.
- Dijelaskan ke seluruh unsur sekolah dan stake holder.
- Ditinjau ulang secara periodik menyesuaikan dengan perkembangan yang ada.

Contoh visi dan misi sekolah :

Visi sekolah : Terwujudnya penerima didik yang beriman, cerdas, terampil, berdikari dan berwawasan global.

Misi sekolah :

- Mengajarkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa lewat pengamalan hukum agama.
- Mendayagunakan proses belajar-mengajar dan konseling.
- Meningkatkan penguasaan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berdasarkan bakat, minat dan kemampuan siswa.
- Membangun jiwa kemandirian siswa lewat upaya pembiasaan, kewirausahaan serta pengembangan diri dengan bersiklus dan berkelanjutan.
- Membina relasi harmonis sesama unsur sekolah sekaligus institusi lain yang terlibat.




LihatTutupKomentar